Artikel Pergaulan Bebas





PERGAULAN BEBAS

A.PENGENALAN
       Tahukah kamu apa pergaulan bebas itu? Pergaulan bebas adalah perilaku seseorang yang menyimpang dari perilaku ketimuran yang ada. Maraknya pergaulan bebas di kalangan remaja, membuat remaja mudah sekali berperilaku menyimpang. Kerugian tidak hanya di tanggung oleh orang tua sang pelaku, tetapi juga pihak yang dirugikan oleh pelaku. Biasanya pergaulan bebas terjadi saat – saat remaja, Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun.
       Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.
       Sedangkan remaja adalah masa peralihan dari anak anak menjadi dewasa. Disinilah waktu yang paling rentan untuk menentukan masa depannya. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa.


B.PERMASALAHAN
       Pelaku – pelaku pergaulan bebas tidak tahu seberapa ruginya mereka akibat perilaku menyimpang itu. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan ini pun sering dilakukan melalui metode coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya. Mereka melakukan hal yang diinginkannya sesuka hati tanpa memikirkan akibatnya.
Beberapa perilaku pergaulan bebas :
1.  Seks bebas
Seks bebas sekarang marak dilakukan remaja remaja saat ini. Berbagai media cetak dan elektronik adalah salah satu sumber utama tempat mereka mendapatkan informasi pornografi.
2.  Narkoba
Narkoba biasanya di perkenalkan oleh teman teman sang pelaku. Biasanya mereka yang menjadi sasaran empuk agar bisa menjadi pecandu narkoba adalah teman satu perkumpulannya.
3.  Kehidupan malam
Kehidupan malam adalah tempat dimana remaja laki laki dan wanita dapat berkeliaran bebas, biasanya pergaulan bebas di mulai dari fase ini.

4.  Alkohol (minuman keras)
Siapa yang tidak tahu jenis minuman ini ? jenis minuman yang memabukkan ini adalah salah satu bentuk dari akibat pergaulan bebas.
Bila dikonsumsi berlebihan, alcohol dapat menyebabkan :
·         merasa lebih bebas lagi mengekspresikan diri
·         tanpa ada perasaan terhambat menjadi lebih emosional (sedih, senang, marah secara berlebihan)
·         muncul akibat ke fungsi fisik - motorik, yaitu bicara cadel, pandangan menjadi kabur, sempoyongan, inkoordinasi motorik dan bisa sampai tidak sadarkan diri


C.SOLUSI
       Solusi yang kita dapatkan dalam memecahkan permasalahan pergaulan bebas adalah :
1.  sebagai orang tua harus menjaga, memperhatikan dan menegur perilaku anak anaknya, terutama remaja. Agar tidak terlanjur masuk kedalam lingkungan yang salah.
2.  Sebagai teman yang baik, jauhkanlah teman yang ingin terjun ke pergaulan bebas dengan cara mengingatkannya, tidak diragukan lagi dia akan menanggapinya.
Usaha untuk pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda kita. Agar lebih bermoral, agar lebih bisa diandalkan untuk kebaikan negara ke depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Story Telling "The Crying Stone"

kata hati

contoh surat resmi